Zona Madina Dompet Dhuafa adalah kawasan pemberdayaan umat terpadu yang dibangun di atas tanah seluas 3,6 Hektar di wilayah Parung Bogor.

Zona Madina didesain dan dikembangkan dengan konsep kawasan tumbuh dan terpadu dengan landasan tata nilai Islam yang rahmatan lil alamin dengan tujuan sebesar-besarnya membangun pemberdayaan dalam arti luas meliputi pembangunan sosioekonomi, budaya dan pengembangan nilai religi dengan masjid sebagai pusat sentra kawasan.

Visi

Terwujudnya Kawasan Kampung Jampang Berdaya pada tahun 2020

Misi

  1. Mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif, kewirausahaan, usaha pertanian, peternakan dan pariwisata
  2. Mengembangkan silat tradisional Indonesia
  3. Meningkatkan kualitas masyarakat melalui program pendidikan
  4. Mewujudkan kesehatan masyarakat melalui promosi dan penguatan layanan kesehatan
  5. Meningkatkan partisipasi dan interaksi sosial masyarakat dalam program pengembangan kawasan

Pemberdayaan Pendidikan

Pendidikan merupakan aset nasional yang berharga dan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan bisa mengubah individu, dunia dan peradaban.

Zona Madina selaku pengelola kawasan terpadu, menghimpun sumberdaya divisi pendidikan Dompet Dhuafa  melalui program SMART Ekselensia Indonesia, Makmal Pendidikan, Sekolah Guru Indonesia, dan Beastudi Indonesia.

  1. JAMPANG ENGLISH VILLAGE
  2. PKBM TRAINING CENTRE
  3. SEKOLAH BISNIS SOCIAL
  4. JAMPANG ENGLISH VILLAGE

Pemberdayaan Kesehatan

Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik.
Rumah Sehat Terpadu yang berdiri dikawasan Zona Madina memiliki fasilitas lengkap, mulai dari poliklinik, dokter spesialis, ruang operasi, rawat inap, UGD, apotek, hingga metode pengobatan komplementer.

  1. KEBUN SEHAT KELUARGA
  2. RUMAH INDUSTRI MINYAK URUT
  3. KANTIN SEHAT

Masjid Al - Madinah

Masjid sebagai pusat keunggulan kawasan memerankan fungsi sebagai penjaga harmonisasi seluruh program kemasyarakatan.

Masjid Al Madinah sebagai “Center of Excellence” menjadi pusat  pergerakan ekonomi rakyat berbadasar syariah, pusat pelayanan  kesehatan  gratis atau murah  dan pusat diklat untuk ilmu dan ketrampilan untuk hidup  seperti bahasa asing,  komputer dan kewirausahaan (entrepneurship). Di samping itu, masjid sebagai pusat pengembangan  budaya dan nilai-nilai  luhur yang menjadi pondasi keimanan dan ketakwaan.

Radio SWARACINTA 107.7 Fm

Keterbukaan informasi telah mengubah pola perilaku masyarakat dalam bernegara. Demokrasi yang sebelumnya terpasung, menjadi tumbuh ketika setiap orang diberi kebebasan berpendapat dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut perubahan kehidupan masyarakat.
Radio sebagai media penyampai pesan elektronik tertua, mampu menunjukkan eksistensi melalui proses adaptasi yang mengimbangi cepatnya perubahan zaman. Fungsi radio sebagai pelengkap perangkat elektronik, menjadikannya sangat fleksibel ditempatkan sesuai kebutuhan pendengar.
Radio SWARACINTA merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis informasi yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa. Selain bersifat menghibur, program siaran radio dirancang agar mampu mengadvokasi para pendengar,